Tumis Jantung Pisang dan Perkedel Tempe

Jantung pisang merupakan bunga pisang yang bertukar menjadi buah pisang apabila matang. Saat buah pisang telah matang. Jantung pisang di potong dan di olah menjadi sambal belacan ataupun di tumis menjadi sayuran. 

Ketika saya habis melahirkan, Mama mertua saya  menyajikan tumisan jantung pisang , sayur katuk, sayur daun kacang panjang sebagai makanan sehari hari agar ASI saya lancar. Berdasarkan hasil googling , jantung pisang bermanfaat untuk kesehatan yaitu 

1. Anemia

Bunga pisang kaya dengan zat besi. Besi merupakan mineral utama yang diperlukan untuk menjaga produksi sel darah sehat.Jadi, bunga pisang dapat meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga bisa menyembuhkan anemia.

2. Siklus menstruasi
Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat diperbaiki dengan mengonsumsi bunga pisang. Selain itu, makanan ini juga bisa mengurangi pendarahan yang berlebihan dan nyeri panggul yang ekstrem.

3. Meningkatkan laktasi
Bunga pisang ternyata dapat merangsang saluran susu di payudara ibu yang baru saja melahirkan. Selain itu, produksi ASI pun jadi lebih banyak. Untuk Point ini saya telah merasakan sendiri khasiatnya. 

4. Obati diabetes

Studi telah menunjukkan kalau bunga pisang memiliki kemampuan menurunkan kadar gula darah hingga batas tertentu.

5. Meningkatkan uterus

Bunga pisang yang mengandung nutrisi seperti zat besi, kalsium, dan tembaga dapat memperkuat dinding rahim Anda. Sehingga bisa mencegah infeksi rahim, serta meningkatkan kesuburan.

6. Meredakan sembelit

Bagian dari pohon pisang ini juga kaya akan serat. Sehingga dapat meningkatkan gerakan usus, jadi lebih mudah untuk limbah melewati usus. Itu bisa mengurangi sembelit, dan tumpukan.

7. Mengurangi peradangan dan infeksi

Peradangan, dan infeksi ternyata bisa juga diserap oleh bunga pisang yang memiliki sifat antibakteri, dan anti-inflamasi. Penyakit seperti maag, nyeri sendi, infeksi jamur dapat berkurang setelah mengonsumsi bunga pisang ini.

melihat banyaknya khasiat jantung pisang, saya berupaya menyajikan tumisan jantung pisang sebagai sayuran keluarga saya, apalagi kadang - kadang bosan memakan jenis sayuran yang itu itu saja. oh ya tidak semua jantung pisang memiliki rasa yang sama. Jantung pisang ambon tidak bisa di jadikan sayuran, karena rasanya pahit dan sepat. Jantung pisang kepok yang saya rekomendasikan untuk di masak sebagai sayuran. Jika ingin menyantap nya berikut resep tumis jantung pisang

Tumis Jantung Pisang bumbu Iris



Bahan :
1 buah jantung pisang
5 siung bawang merah iris halus
3 siung bawang putih
2 sendok makan ebi
200 ml air
1 sdt garam

Cara membuat
Kupas helai demi helai jantung pisang, hingga tersisa yang berwarna putih saja. Hati - hati mengolah jantung pisang, getah  di daun pisang dan jantung pisang tidak mudah di hilangkan walau dengan pembersih noda merk apapun.



Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan rajangan jantung pisang. tambahkan air masak sampai layu , tambahkan ebi dan garam aduk rata. Segera angkat dan sajikan dan beri taburan bawang goreng.

Tumisan jantung pisang ini akan menghasilkan warna putih tanpa tambahan kemiri  atau santan.
Sajikan bersama nasi hangat. Mantap


Perkedel Tempe 




Bahan & bumbu perkedel tempe:
- 200 gram tempe
- 50 gram tepung roti/tepung panir
- 25 gram tepung terigu serba guna
- 1 butir telur, kocok lepas
- 1 sendok makan bumbu kari bubuk siap pakai
- 1 batang daun bawang rajang halus
- 1 sendok teh merica bubuk
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok teh garam
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat
Tumbuk tempe hingga setengah hancur, tidak perlu sampai halus. Masukkan semua bahan lainnya. Aduk rata hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk dan dikepal.

Panaskan  minyak, goreng tempe hingga kuning kecoklatan.
angkat dan sajikan



Kedua resep di atas semoga bermanfaat.

terima kasih

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.