Tongseng Ayam Tanpa Santan

Memakan Tongseng Ayam di salah satu warung kaki lima di Lampung telah membuat saya ketagihan. Sayur, ayam berpadu dengan kuah kaya rempah namun tanpa santan sungguh  sangat enak. Tongseng ayam ini selalu jadi primadona untuk sup dengan lauk dan sayur jadi satu.  

Berbekal pengalaman makan Tongseng Ayam tanpa santan, sayapun berkelana mencari resep tongseng ayam ,dan jatuh cintalah kepada resep ini. Berkali - kali saya membuat nya dan saat kebingungan mencari menu untuk blog, kenapa tidak posting ini saja slaah satunya.  Tongseng Ayam tanpa santan ini sungguh sedap 

Terima kasih kepada mbak Endang dengan blog Just try and taste yang merupakan blog primadona saya, mengajarkan pemula ini bisa masak dan masakan nya enak. Benar - benar Inspiring. Salam kenal mbak semoga kegiatan ini menjadi amal jariyah untuk kita semua. 

Tertarik untuk mencobanya, berikut resepnya

Tongseng Ayam Tanpa Santan


Resep dari Tongseng ayam JTT


Bahan:
- 300 gram tulang-tulang ayam (paling oke adalah bagian punggung dan sayapnya) + beberapa pasang hati, ampela dan jantung ayam (saya hanya pakai tulang ayam sisa memfillet ayam untuk Chicken yakiniku)
- 200 gram kol, iris kasar memanjang
- 1 batang daun bawang, rajang halus
- 1 sendok makan minyak untuk menumis
- 1 buah tomat merah
- 250 ml air

Bumbu dihaluskan:
- 1 sendok teh ketumbar sangrai
- 4 butir kemiri
- 1/2 sendok teh merica butiran
- 1 batang serai, ambil bagian putihnya
- 1/2 ruas kunyit
- 1 ruas jahe

Bumbu diiris:
- 3 butir bawang merah
- 2 butir bawang putih
- 5 butir cabai rawit

Bumbu pelengkap:
- 2 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk
- 1 ruas lengkuas, dipipihkan
- 1/2 sendok makan garam
- 1 sendok makan gula
- 1 sendok makan kecap manis
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Cara membuat:

  • Potong-potong ayam hingga menjadi ukuran kecil, cuci bersih, beri 1 sendok teh garam dan 1 sendok makan air jeruk nipis. Remas-remas dan diamkan 15 menit.
  • Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan bumbu iris, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Aduk hingga daun bumbu layu. 
  • Masukkan ayam, aduk-aduk hingga ayam berubah warna dan mengeluarkan air.
  •  Masukkan garam, gula, kecap manis dan air. Masak hingga ayam matang dan kuah agak meyusut.
  • Masukkan rajangan kol aduk rata, tambahkan tomat dan daun bawang. Masak hingga semua bahan matang. Cicipi rasanya, angkat.


Semoga bermanfaat

The Secret Ingredient Is Always Love
Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.