Sup Ikan Kembung Belimbing Wuluh Dengan Bumbu Iris

Belimbing wuluh (dalam bahasa Palembang) atau Belimbing Sayur merupakan tanaman yang bercitarasa asam. Belimbing wuluh ini dipakai untuk sup, sambal dan manisan dalam masakan Sumatera dan mungkin Kuliner Indonesia lainnya.  Pertama kali memakan masakan yang ada  sayuran belimbing wuluh adalah dari ibu saya lalu kedua adalah sambal belimbing wuluh dari teman saya. Rasa asam yang khas benar benar membuat makan bisa tambah berkali - kali. 

Dulu sewaktu saya masih kecil rumah tempat kami mengontrak terdapat banyak tanaman mulai dari palem, belimbing, jambu sampai belimbing wuluh. Ibu saya suka sekali memasak sup ikan baung belimbing wuluh. Namun berkali - kali pindah rumah dan  tak pernah mendapatkan rumah yang memiliki halaman seperti di ramakasi 3 lemabang (suatu daerah di palembang)  dan seiring berjalan nya waktu sulit sekali mendapatkan belimbing wuluh di pasar tradisional maka Ibu saya pun mulai memasak sup dengan menggantikan belimbing wuluh dengan nanas.

Sekarang setelah ikut suami ke Lampung, di belakang halaman rumah dinas suami terdapat pohon belimbing wuluh yang sedang berbuah banyak sekali. Dan saya pun kembali bernostalgia akan kuliner semasa kecil. Saya telah memanfaatkan belimbing wuluh dengan beraneka kuliner mulai dari manisan belimbing wuluh, sup ikan dan sambal. Untuk manisan belimbing wuluh saya belum menemukan citarasa yang pas. Hasil percobaan saya masih tersimpan di kulkas. Asem sekali manisan belimbing wuluh nya. Tidak layak tayang di Blog. 




Mengobati kerinduan akan kuliner ibu saya. Tak ada ikan Sungai yang dijual, saya menggantinya dengan ikan kembung. Ikan laut memiliki aroma amis yang kuat. Sangat berbeda dengan ikan sungai. Baung, Gabus dan Nila adalah ikan Favorit saya jika akan dimasak sup. Ikan sungai tidak membuat kulit saya gatal -gatal. Namun kekurangan ikan sungai karena hidup dengan kadar garam yang rendah (air Tawar) membuat nya cepat busuk dibandingkan ikan laut. Oleh karena itu sebaiknya jika akan membuat Sup dari Ikan Sungai sebaiknya pilih ikan dalam keadaan hidup. Ibu mertua saya tidak pernah mau memasak sup ikan selain dari ikan sungai dan di beli dalam keadaan Hidup.  Sayang nya menantunnya ini "berkompromi" dengan keadaan. Jadi tak ada ikan sungai, ikan laut pun jadi. He he he

Dalam Membersihkan ikan sebaiknya diberi dengan perasan jeruk nipis. Di rumah suami saya, ada jeruk kunci dan jeruk purut ,  jadi untuk menghilangkan bau amis beberapa butir jeruk purut dan  jeruk kunci di peras demi menghilangkan bau amis dan mengusir lalat yang beterbangan. 

Sup Ikan Kembung Belimbing Wuluh Bumbu Iris





Bahan
- Ikan kembung 400 gram
- Batang serai 1 buah (Geprek dan Ikat )
- Daun bawang 1 tangkai Potong kecil - kecil
- Cabai merah 3 butir Iris tipis
- Cabai rawit 10 pcs (tambahkan jika suka pedas , saya tidak pakai)
- Bawang merah 3 siung Iris Tipis
- Tomat Iris -iris
- Kemangi secukupnya
- 4 - 7 belimbing wuluh (Tergantung keasaman yang di sukai)
- Garam

Cara membuat nya :
- Tumis Bawang Merah sampai harum
- Tambahkan sebagian daun bawang, geprekan batang serai dan cabe merah dan rawit
- Tambahkan air 300 ml masakan sampai mendidih
- Masukkan ikan dan belimbing wuluh yang telah di potong 2 memanjang
- Masak selama 10 menit sampai ikan matang
- Tambahkan kemangi, Irisan tomat, dan semua irisan daun bawang
- Tambahkan garam
- Cicipi dan koreksi rasa jika kurang asam bisa tambahkan belimbing sayur/ Belimbing wuluh

Selamat mencoba





No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.