Sate Lilit Bali

Di Indonesia ada berbagai jenis sate dengan cita rasa dan bumbu yang berbeda - beda tergantung dari asal daerah sate tersebut. Kita mengenal sate padang, sate madura, sate ponorogo, sate maranggi, sate lilit dan masih banyak lagi. 


Menurut Wikipedia Kata "sate" atau "satai" diduga berasal dari bahasa Tamil.Diduga sate diciptakan oleh pedagang makanan jalanan di Jawa sekitar awal abad ke-19, berdasarkan fakta bahwa sate mulai populer sekitar awal abad ke-19 bersamaan dengan semakin banyaknya pendatang dari Arab dan pendatang Muslim Tamil dan Gujarat dari India ke Indonesia. Hal ini pula yang menjadi alasan populernya penggunaan daging kambing dan domba sebagai bahan sate yang disukai oleh warga keturunan Arab. Dalam tradisi Muslim Indonesia, hari raya Idul Adha atau hari raya kurban adalah peristiwa istimewa. Pada hari raya kurban ini daging kurban berlimpah dan dibagikan kepada kaum dhuafa dan miskin. Kebanyakan merayakannya dengan bersama-sama memanggang sate daging kambing, domba, atau sapi.
Bali sebagai sebuah pulau dan provinsi di Indonesia Terletak di ujung barat Kepulauan Sunda Kecil , dengan Jawa di barat dan Lombok di timur. Ibukotanya, Denpasar, terletak di bagian selatan pulau. Penduduk Bali yang sebagai besar beragama Hindu mengenalkan variasi makanan khas bali yaitu sate lilit. versi asli Bali lebih memilih daging babi dan ikan daripada daging lainnya,  dan daging sapi pada awalnya jarang dikonsumsi di Bali . Namun untuk melayani konsumen yang lebih besar yang tidak mengkonsumsi daging babi, seperti mayoritas Muslim Indonesia , di restoran Bali di luar Bali sate lilit sering menggunakan ayam atau daging sapi sebagai gantinya. Di kota-kota nelayan Bali, seperti desa Kusamba, yang menghadap Selat Nusa Penida, sate lilit yang terbuat dari ikan cincang disukai. 

Dua sate favorit di Bali adalah sate lilit, dan sate ikan (sate ikan). Meskipun ada sate lilit ikan yang dibuat dengan ikan cincang, sate ikan menggunakan potongan daging ikan sebagai gantinya. Sate lilit dan sate ikan khas Bali kaya akan bumbu , campuran rempah-rempah.

Melihat tayangan di Net. TV tentang sate lilit Bali  membuat air liur saya menetes. Namun kalau harus ke  restoran di bandar lampung cuma untuk makan sate lilit, bisa jebol tabungan. alhasil seperti biasa bunda thiya ini searching resep sate lilit. Sebenarnya pernah buat sate lilit namun waktu itu belum punya food processor untuk menghaluskan daging ayam sehingga sate yang di hasilkan nggk banget.

Sampai sekarang pun saya tidak punya food processor namun ada tips yang bisa dilakukan jika tidak mempunyai food processor seperti saya namun ingin memasak menggunakan daging giling tips berikut bisa berguna yaitu masukkan daging yang telah di fillet ke freezer sampai setengah beku. Jika telah setengah beku bisa di blender. Cara ini yang saya lakukan tak kala membuat aneka pempek, nugget , siomay yang berbahan baku daging giling. 

Resep sate lilit dari Blog Monic's Simple resep namun saya menggunakan 1/3 resep saya. Mbak Monic membuat 40 pcs sate lilit , kalau saya 5 pcs saja. Sehingga takaran bumbu tidak sama persis, cukup untuk menu harian keluarga kecil saya.

Sate Lilit Bali 


Bahan : 
- 250 gram daging ayam bagian dada. Haluskan bisa menggunakan Chopper / FP/ Jika seperti saya menggunakan blender bekukan ayam setengah beku
- 50 gram kelapa parut muda 
- 1 sdt garam
- 5 batang serai. Potong pangkal nya jika tidak rata , panjang kurang lebih 15 cm cuci bersih lalu keringkan
- 5 sendok makan minyak

Bumbu Halus 
- 5 butir bawang merah
- 2 butir wang putih
-3 buah cabai merah keriting (mau ada warna merah tapi tak mau pedas silahkan buang bijinya)
- 1 ruas kencur, jahe, lengkuas dan kunyit
-2 butir kemiri
- 1/2 sdt ketumbar
- 1 /2 sdt merica
- 1/2 batang serai ambil warna putih nya buang lapisan yang keras

Cara membuat :

  • Haluskan semua bumbu dengan ulekan / lumpang. Jika menghaluskan dengan blender beri minyak untuk mempermudah kerja blender
  •  Tumis bumbu sampai harum angkat dinginka
  • nSiapkan wadah masukkan daging ayam, kelapa parut, garam dan bumbu halus. Aduk rata
  • Ambil adonan lalu padatkan pada batang serai 

  •  Panaskan Pan Datar beri sedikit minyak , panggang sate lilit dengan api kecil kurang lebih 20 menit


  • Balik balik sampai semua bagian matang
  • Siap di sajikan, jika suka sajikan bersama sambal matah
Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.