Sambel Lengkung Khas Palembang atau Serundeng Kelapa

Jika pembaca "sambel Lengkung" dan berarti adalah cocolan sambal yang pedas , mohon maaf pembaca kecewa. Dalam Kuliner palembang sambel lengkung bukan lah perpaduan masakan dari cabe dan bawang melainkan kelapa parut yang di sangrai perlahan - lahan sehingga menjadi topping saat sarapan ketan tumis di pagi hari.Ada juga sambal lingkung ikan, atau lebih dikenal dengan abon ikan. Tapi dikeluargaku sambal lingkung ya dari serundeng kelapa

Sejak kecil, ibu saya sesekali akan membelikan saya tumisan ketan kuning atau tumisan ketan putih lalu di atasnya di beri taburan kelapa parut dan sambal yang pedas. Tumisan ketan ini sesekali menjadi alternatif sarapan pagi kami selain nasi goreng , mie rujak dan pempek.
Menghirup cuka di pagi hari sudah menjadi makanan saya sehari - hari, sehingga tidak menimbulkan mual. untuk yang tak terbiasa mungkin terasa berat. Namun tidak bagi saya dan keluarga. Sesekali ibu dan saya akan membeli ketan tumis di warung daerah 15 ilir palembang untuk di jadikan sarapan anak-anaknya yang sekolah. Melewati DAM (bendungan), saat itu air DAM tidak sekeruh sekarang. Sekarang baunya semerbak. hehe. Cukup nostalgia nya. Nah sekarang saya yang menyiapkan sarapan untuk Suami dan putri saya, untunglah jaman sekarang telah canggih tidak perlu mengaron beras untuk menyiapkan ketan tumis cukup dengan bumbu iris dan di tambah magic com , ketan tumis telah siap dalam 30 menit.

nah serundeng kelapa / sambal lengkung ini kalau di palembang saya biasa beli di cinde. Namun di Lampung saya harus membuat nya. Jadi saya buat sambil memasak lauk dan dibarengkan  memasak sambal lingkung juga. Saya menggunakan api yang kecil sekali. Jadi sesekali bisa saya tinggal cuci piring , jemuran baju, mandikan thiya dll. setiap 10 menit saya aduk - aduk. tapi perjuangan nya sebanding sama kebahagiannya. Nah kalau mau lebih cepat namun boros listrik, masukkan saja kelapa parut ke oven lalu panggang suhu 110 oC api atas bawah, sesekali di aduk. Lebih cepat sih. Bagi yang Ingin mencoba berikut resepnya :

Sambal Lengkung Khas Palembang / Serundeng Kelapa 
resep : dari ibu saya 




Bahan :
1 butir kelapa parut
Ketumbar bubuk 1 sdt
Cabe bubuk 1 sdt (silahkan tambah sesuai selera )
Garam dan gula secukupnya
1 sachet santan instan / gunakan santan kental dari 1/4 kelapa parut di atas (50 ml)
Bawang putih dan merah goreng sekitar masing - masing 50 gram ( tips dan trik telah saya share di posting sebelumnya

Cara membuat
1. Sangrai kelapa parut sampai kecoklatan dengan api kecil
2. Masukkan bawang goreng , ketumbar dan santan aduk aduk sampai kecoklatan merata di semua kelapa parut
3. tambahkan garam
4. Koreksi rasa, dinginkan
5. Blender sampai halus
6. Simpan dalam toples/wadah kedap lainnya
7. Siap digunakan untuk topping ketan tumis


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.