Sambal Ijo Belimbing Wuluh ( Sambal Hijau Belimbing Sayur)

Sambal adalah istilah besar yang dalam kuliner Indonesia merujuk pada saus pedas. Secara garis besar, sambal berbahan utama cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi.

Sambal merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia dan Melayu. Sambal juga ditemukan dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada bermacam-macam variasi sambal yang berasal dari berbagai daerah.
Saya mencoba posting dan membuat label khusus pada Denia Kitchen sebagai nama SAMBAL karena sambal adalah warisan kuliner Indonesia yang keragamannya perlu untuk di publikasikan serta di catat, agar tak lupa dan tergerus kuliner luar. Sambal di Indonesia sendiri ada banyak macamnya tergantung asal dan sumber bahan baku. Kali ini saya akan membuat tentang Sambal Ijo Belimbing Wuluh (Sambal Hijau Belimbing Sayur) yang bercitarasa pedas, asam dan segar 

Tertarik untuk mencobanya, berikut resepnya

Sambal Ijo Belimbing Wuluh
 (Sambal Hijau Belimbing Sayur)


Bahan :
5 buah cabai Hijau
3 buah rawit hijau
3 buah belimbing wuluh
3 siung bawang merah
1 sdt terasi
1/2 sdt garam
1 sdt gula merah
1 sdm perasan jeruk nipis
minyak goreng secukupnya

Cara membuat :
  • Panaskan minyak sayur (saya menggunakan minyak sisa menggoreng ikan)
  • Masukkan cabai hijau, rawit hijau, bawang merah dan belimbing wuluh
  • Angkat setengah dingin ulek kasar, tambahkan terasi, garam dan gula  ( Jika menggunakan blender tambahkan sedikit minyak pada blender)
  • Masukkan ke wadah kecil, tambahkan perasan jeruk nipis, tambahkan sedikit minyak yang telah dipanas
  • Sajikan
Sambal Hijau Belimbing Wuluh cocok menemani nasi hangat dengan lauk apapun. 



Semoga bermanfaat
The Secret Ingredient Is Always Love
Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.