Risoles Telur Asin dengan Saus Telur Asin Keju (Risoles Telur Asin with Chessy Spicy Eggsalted Sauce)

Tren Telur Asin sedang baik kelas. Saya tidak tahu kalau sudah dari 2017, saus telur asin sedang booming di Indonesia. Tampak nya tren saus telur asin tidak terlalu booming di palembang atau saya yang kudet ;). Melihat iklan di televisi mulai dari Mie telur asin ,potato chip telur asin , Ayam dibalur saus telur Asin membuat rasa penasaran saya muncul. Apa itu Eggsalted Sauce ?

Telur Asin telah menjadi makanan sehari -hari sebagai besar Indonesia, tak terkecuali di keluarga saya. Selama ini telur asin hanya di santap dengan cara biasa. Namun sekarang bisa dengan cara berbeda alias menjadi cocolan untuk saus cemilan /snack seperti serami siram telur asin, ayam krispi telur asin dan dijadikan  isian seperti onde - onde telur asin. 

Mengobati rasa penasaran dan menghabiskan stok saus telur asin yang saya telah dibuat. Saya pun mencoba nya menjadi risoles saus telur asin, pempek krispi telur asin, bakwan telur asin. Hasilnya menurut saya lumayan walau tentu saya akui untuk pempek saya lebih menyukainya dengan cuka yang pedas dibandingkan di santap dengan saus telur asin yang spicy. 

Resep saus telur asin saya ambil dari Blog mbak Endang. Resep saya tiru plek hanya takaran cabe saya tambah. dan saya coba setengah resep dengan full telur asin.  Untuk kulit risoles saya menggunakan resep sajian sedap beberapa tahun lalu. Saya lebih menyukai resep kulit risoles ini karena hanya menggunakan 1 butir telur untuk 100 gram terigu. Jika di foto saat Eggsalted Sauce bersanding dengan Risoles terlihat lebih kental dari foto Egg Salted Dibawahnya itu karena saya baru mengeluarkan saus dari chiller dan masih mengeras tapi juragan mau segera makan buru-buru deh fotonya :) Oke bagi yang ingin membuat nya berikut resepnya : 

 Risoles Telur Asin dengan Saus Telur Asin Keju (Risoles Telur Asin with Chessy  Spicy Egg Salted Sauce)

Resep : Resep Egg Salted  dari Just Try and taste Resep Saus Telur asin keju spicy  dengan modifikasi seperlunya



Bahan : 
Risoles : 
-  100 gram tepung terigu protein tinggi
- 300 ml susu cair (1 sachet SKM lalu tambahkan air hingga menjadi 300 ml susu)
- 1/4  sdt merica
- 1/2  sdt garam
- 1 sdm minyak goreng atau 1/2 sdm margarin 
- 1 butir telur
- 1 butir telur (untuk pelapis risoles saat di balur tepung panir atau sisakan adonan cair risoles untuk pelapis
- tepung panir secukupnya

Isian Risoles : 
- 250 gram Wortel
- 150 gram kentang (1 butir kentang ukuran sedang)
- 5 butir putih telur sisa membuat Egg Salted Sauce
- 1 butir telur 
- 1 batang selendri
- 1 batang daun bawang

bumbu Halus 
-1/2 sendoh teh merica
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih 

Cara membuat :

Isian Risoles :

Tumis Bumbu halus, masukkan wortel tambahkan 100ml air masak sampai wortel 1/2 layu, tambahkan kentang masak sampai kentang matang. Masukkan Putih Telur asin Aduk rata. 

Masukkan Telur aduk rata , masak sampai kering dan semua matang lalu tambahkan daun bawang dan daun sop. Masukkan garam koreksi rasa.

Kulit Risoles
  • Campur tepung, susu dan telur aduk rata, tambahkan merica, garam. aduk sampai halus dan tidak bergerindil. Saya menyaring adonan untuk memastikan campuran smooth lalu tambahkan  minyak goreng/ mentega cair
  • Dengan menggunakan wajan kwalik / wajan crepe buat kulit risoles 
  • Saat kulit risoles telah matang, jika menggunakan wajan kwalik ditandai dengan pinggiran mulai kuning dan jika dibalik langssung lepas tanpa lengket
  • Pindahkan ke piring saji, ambil adonan dan buat kulit lagi sedangkan di piring yang ada lembaran risoles  tadi beri isian, lipat sesuai selera bisa berbentuk segitiga, lonjong atau persegi.
  • (Saya lebih suka setiap selesai membuat lembaran langsung beri isi, selain menghemat waktu juga cara ini membuat lembaran tidak sobek / menempel satu sama lain). Besarnya api kompor untuk membuat lembaran risoles tergantung kecepatan tangan dalam menyelesaikan tahapan (Lepaskan adonan, Ambil adonan baru dan beri isi) atau jika mau di tumpuk baru beri isian silahkan saja. kembali ke selera masing - masing. 

  •  Lakukan sampai adonan habis
  •  Kocok telur lalu celupkan risoles dan masukkan ke tepung panir


  • Simpan ke dalam lemari es agar set, Jika untuk stok masukkan ke dalam wadah kedara udara , disusun berdampingan jangan di tumpuk  simpan dalam freezer dan jika akan di santap keluarkan dari frezzer biarkan suhu ruang baru di goreng
  • Goreng dalam minyak yang panas sampai kecoklatan
  • Angkat dan sajikan

Egg Salted Sauce



- Bahan:
- 40 gram mentega (usahakan jangan diganti margarine)
- 3 butir kuning telur asin rebus ( saya 5 butir kuning telur asin)
- 2 butir kuning telur biasa, rebus (saya nggak pakai)
- 100 - 150 ml susu cair full cream
- 1 sendok makan susu bubuk full cream
- 33 gram keju cheddar parut

Bumbu:
- 1/2 sendok makan mentega
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 1/2 sendok makan saus tomat
- 2  sendok teh cabai bubuk (resep asli 1/2  sendok teh )
- 1/2 sendok makan saus tiram
- 1/2 sendok makan kecap Inggris (Worcestershire Sauce) (Saya tidak pakai)
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh merica hitam tumbuk atau merica putih bubuk biasa
- 1/4 sendok teh garam 
- 1/2  batang daun bawang, rajang halus (optional)

Bumbu lain yang bisa ditambahkan (optional):
- beberapa lembar daun kari/salam koja
- bubuk kari instan

Cara Membuat : 
  • Siapkan pan, panaskan 1 sendok makan mentega hingga meleleh. Tumis bawang putih hingga  harum dan sedikit kecoklatan. Masukkan saus tomat, cabai bubuk, saus tiram, kecap Inggris, gula pasir, merica, dan garam. Aduk dan tumis hingga mendidih menggunakan api kecil saja, matikan kompor. Sisihkan tumisan. 
  • Siapkan panci kecil, masukkan 40 gram mentega (sekitar 1 1/2 sendok makan). Panaskan dengan api kecil hingga meleleh dan panas. Masukkan kuning telur, aduk dan hancurkan hingga tercampur rata dengan mentega.
  • Masukkan susu cair dan susu bubuk, aduk dan masak dengan api kecil sambil saus diaduk-aduk hingga mendidih. Matikan kompor, biarkan saus agak sedikit mendingin.
  • Masukkan saus dan tumisan ke dalam gelas blender, jika anda memiliki hand blender maka itu lebih baik karena saus bisa langsung diblender dipanci hingga smooth. Karena saya tidak memilikinya, maka saya proses saus di dalam gelas blender biasa. Proses selama beberapa detik saja hingga smooth.
  • Tuangkan kembali saus ke panci
  • Masukkan keju cheddar parut, dan masak saus  dengan api kecil hingga keju meleleh sempurna dan saus mendidih.
  • Jika terlalu kental maka tambahkan susu cair.  Aduk rata
  • Tambahkan garam sesuai selera, koreksi rasa
  • Segera angkat saus dari kompor.

Note: Dalam daftar bahan susu cair yang saya berikan antara 200 - 300 ml, jika menginginkan saus yang agak encer maka gunakan semua takaran susu cair yang diberikan. Saus akan mengental ketika telah dingin.

Saus bisa digunakan untuk menemani berbagai makanan, misal sebagai saus pasta, cocolan fish and chips, cocolan keripik,  disiram di permukaan ayam goreng atau seafood (calamari, dan ikan goreng). Saya menggonakan nya untuk cocolan / saus pada risoles, bakwan, pempek. sedap sekali.


Selamat mencoba,
semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.