Perkedel Tempe

Tempe adalah produk traditional yang berasal dari Indonesia. Olahan berbahan kedelai ini ditemukan sekitar abad 12 atau 13. Tempe berasal dari kacang kedelai yang direndam lalu mengalami fermentasi oleh Jamur Rhizopus spp. Tempe yang baik memiliki bau bersih , menyenangkan dan beraroma jamur , memiliki benang putih / miselium yang kokoh rapat dan seragam.

Kita mengenal tempe mendoan, keripik tempe, stik tempe, oseng - oseng tempe, bistik tempe dan olahan tempe lainnya. Kali ini saya mencoba membuat perkedel tempe sesua resep dari Blog Just Try and Taste. Perkedel tempe ini menggunakan bubuk kari sebagai dasar aroma  rempah yang khas. untuk menggoreng nya kita tidak perlu mencelupkannya ke kocokan telur seperti halnya perkedel kentang. 

Komposisi terigu, tepung panir yang pas membuat perkedel tempe ini tidak mudah hancur kala di goreng, di tambah dengan bumbu yang ada di dalam nya membuat citarasa perkedel tempe sangat khas dan layak dicoba. 

Perkedel Tempe 




Bahan & bumbu perkedel tempe:
- 200 gram tempe
- 50 gram tepung roti/tepung panir
- 25 gram tepung terigu serba guna
- 1 butir telur, kocok lepas
- 1 sendok makan bumbu kari bubuk siap pakai
- 1 batang daun bawang rajang halus
- 1 sendok teh merica bubuk
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok teh garam
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat
Tumbuk tempe hingga setengah hancur, tidak perlu sampai halus. Masukkan semua bahan lainnya. Aduk rata hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk dan dikepal.

Panaskan  minyak, goreng tempe hingga kuning kecoklatan.
angkat dan sajikan


selamat mencoba, semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.