Perkedel Kentang Ayam Suir dan Sup Jagung

Di luar negeri, kentang merupakan makanan pokok dan di anggap sebagai sumber karbohidrat. Di Indonesia sendiri kentang merupakan sayur di anggap mewah. Kentang memiliki kandungan vitamin A, B - kompleks , C , asam folat dan sejumlah mineral yang baik untuk tubuh. Kentang di Indonesia masih di anggap sayur sehingga dalam kuliner indonesia kita mengenal pemakaian kentang pada masakan sup, cemilan sebagai kroket, bitter ballen, isian risoles, dan sebagai lauk makan (perkedel)

Perkedel sendiri berasal dari bahasa Belanda "Frikadel". Versi Eropa sendiri Frikadel dibuat dari Daging cincang kemudian di goreng. Sedangkan di Indonesia perkedel berasal dari kentang yang di goreng. 

Perkedel kentang yang di goreng dengan baluran telur kocok akan menyebabkan buih di minyak goreng. Hal ini biasa nya sedikit menggangu. Jika pembaca ada yang mengalaminya tak ada salah nya mencoba tips dari blog ini. 

Kocokan telur sebagai baluran perkedel di beri 1 sdm minyak. Hal ini untuk memecah emulsi telur pada minyak goreng kelak. Beri 1 sdt pala (untuk aroma) . Insyaallah walau menggoreng 2 kg kentang sekalipun. Minyak goreng tidak akan berbuih. 


Perkedel Kentang Ayam Suir

resep dari Ibu saya dengan modifikasi seperlunya
Porsi : 7 buah perkedel




Bahan 
250 gram kentang 
80 gram daging ayam (rebus rebentar)  suir - suir  / ayam giling
1 tangkai daun bawang 
1 tangkai daun sop
1 sdt garam
1 sdt pala bubuk (skip jika tidak suka aromanya) 

Bumbu Halus 
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih 
1/2 sdt merica bubuk 

Pencelup 
1/2  butir telur (Saya membagi 2 bagian  telur. 1/2 bagian untuk perkedel, 1/2 bagian untuk sup jagung)
1/2 sdt pala bubuk
1 sdm minyak goreng

Cara membuat
Kupas kentang , lalu iris bulat, cuci bersih dan tiriskan
Goreng kentang dengan minyak yang banyak, sampai kentang lembut dan berkulit. Angkat dan tiriskan, Saat setengah hangat tumbuk / haluskan kentang 




Campur kentang dengan bumbu halus, ayam suir, garam, pala, daun sop, dan daun bawang. Bentuk lonjong lalu sisihkan. Saya biasanya telah menyetok bumbu dasar putih (tumisan bumbu dasar dari bahan baku bawang merah dan bawang putih dan merica).  Jadi adonan kentang cukup saya beri 1 sdm bumbu dasar putih. 

Kocok telur bersama sedikit minyak goreng dan beri pala bubuk. 
Celupkam  perkedel ke kocokan telur lalu segera gorng perkedel kentang di minyak goreng yang panas. 

Angkatan tiriskan.



Sup Jagung


Bahan : 
2 buah Jagung manis, pipih kan
50 gram kembang kol 
1/4 bawang bombay cincang halus  (jika tidak ada ganti dengan 5 buah bawang merah iris tipis)
2 bawang putih , geprek cincang halus
1 Tangkai daun bawang
1 sdm maizena larutkan dengan 3 sdm air
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk (skip jika tidak ada)
400 ml kaldu cair ( Jika tidak ada air 400 ml + 1 sdt kaldu bubuk)
1/2 butir telur ( saya membagi 2 bagian telur. 1/2 bagian untuk perkedel, 1/2 bagian untuk sup jagung)

Cara membuat : 

Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, tambahkan air kaldu masak sampai mendidih, lalu masukkan jagung manis yang telah di pipih. masak setengah layu masukkan kembang kol. Aduk rata lalu masukkan telur kocok , aduk rata masukkan daun bawang, merica, pala bubuk, garam. Kentalkan dengan larutan maizena, aduk rata. angkat dan sajikan


Semoga kedua resep tersebut bermanfaat 
selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.