Pempek Singkong /Pempek Cassava

Ketela pohon, ubi kayu, atau singkong (Manihot utilissima) adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa singkong jauh lebih banyak kandungan karbohidratnya dibandingkan dengan nasi sebagai menu utama makanan orang Indonesia. Selain itu singkong juga mengandung sedikit protein, lemak, mineral vitamin B, vitamin K, serat dan merupakan bahan makanan dengan kandungan kalori yang sangat tinggi. Kandungan kalori yang tinggi di dalam singkong membuat singkong lebih lama saat dicerna oleh tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah lapar. Bagi Anda yang sedang diet, singkong sangat dianjurkan.


Sebagai bahan masakan, singkong biasa dijadikan sebagai bahan makanan utama dengan cara direbus, digoreng, dipanggang, atau dibakar. Singkong juga dijadikan bahan pendamping di beberapa masakan seperti gorengan, singkong thailand, cassava stik,cake singkong atapun dijadikan sebagai tepung mocaf ( Pengganti gandum yang bebas gluten), atau seperti pecinta pempek namun alergi ikan dan gluten maka dibuat pempek singkong.

Singkong adalah nama lokal di kawasan Jawa Barat untuk tanaman ini. Nama "ubi kayu" dan "ketela pohon" dipakai dalam bahasa Melayu secara luas. Di palembang kami menyebut umbi ini sebagai ubi kayu. Selain di masak dengan cara di goreng, di jadikan bahan utama pembuatan combro, misro, pepes ubi /lapel ubi/lemet/ketimun, ibu saya dan teman saya suka sekali menjadinya empek - empek /pempek singkong. 

Empek -empek /Pempek merupakan makanan khas yang setiap hari di konsumsi orang palembang.  Bisa dimasak dengan cara menggunakan ikan atau tanpa ikan , dengan metode masak di panggang, goreng atau rebus. Semua nya disukai dan enak. Nah bagi yang tidak bisa mengkonsumsi ikan baik karena alergi atau karena sebab lainnya seperti menjadi seorang  vegetarian seperti teman baik saya Vivi maka Pempek Singkong /Cassava Empek - empek ini sangat cocok dijadikan alternatif cemilan resep vegetarian. 

Perbedaan Vegan dan Vegetarian adalah Vegetarian  sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging dan unggas, namun masih mungkin mengonsumsi produk olahan hewan seperti telur, keju, atau susu. sedangkan Vegan hanya mau bahan makanan dari nabati saja dan sama sekali tidak memakan hewan laut atau produk olahan hewani. Bahkan madu dari lebah pun dihindari. 

Teman saya vivi sebenarnya bukan vegetarian, namun lebih menjalankan ajaran agamanya yaitu Budha untuk tidak mengkonsumsi daging - dagingan. Vivi adalah teman SMA saya dan dari dialah saya mengenal aneka makanan tanpa daging namun enak. Sebagai seorang muslim berteman dengan nya sangat menyenangkan. Dia mengerti dan paham bahwa saya tidak memakan daging babi dan angciu ( arak putih). Sehingga jika mama nya memasak dan  dia membawa makanan ke sekolah. Semua nya habis dalam sekejap

Tertarik untuk mencobanya ? berikut resep empek -empek cassava/ Pempek Cassava / Pempek Singkong

Pempek Singkong


Tertarik untuk resep Pempek Lainnya 


Bahan : 

250 gram Singkong Kukus hingga lunak 
1 sdt bawang putih bubuk / 2 siung bawang putih halus
1/2 sdt garam halus
50 gram tepung sagu/ tapioka (secukupnya)
1 sdt Penyedap rasa (optional) * saya tidak pakai
1 sdt kaldu instan (jamur / ayam/sapi) * saya tidak pakai

Cara membuat : 
  • Singkong yang telah di kukus saat masih hangat segera haluskan dengan sendok nasi / garpu. Buang / singkirkan sumbu singkong. Jika singkong yang dimiliki adalah singkong tua dan keras maka tumbuk dengan lumpang 
  • Campurkan dengan bawang putih bubuk, garam dan bahan lainnya. tambahkan sagu secukupnya hingga bisa di bentuk. Jika menggunakan singkong tua dan tidak lunak saat menumbuk dan mencampur berikan sedikit air ( 25 ml). 
  • Bentuk bulat / lonjong sesuai selera
  • Goreng dengan api sedang 
  • Angkat dan sajikan
  • Sajikan bersama cuka ( untuk resep cuka bisa lihat di sini Pempek pistel tanpa ikan)


Semoga bermanfaat
The Secret Ingredient Is Always Love
Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.