Pempek Panggang Tanpa Ikan

Sebelumnya saya pernah posting pempek pistel  tanpa ikan. Kali ini saya pun tetap memasak cemilan sore dan tetap tanpa ikan. Resep adonan pempek sama dengan postingan pempek pistel sebelumnya, silahkan klik link berikut pempek pistel tanpa ikan 

Di palembang sendiri empek -empek / pempek yang di masak dengan cara di panggang terbagi 2 yaitu pempek panggang (pempek bulat kecil yang dimasak dengan cara di panggang) dan pempek lenggang (adonan pempek yang dicampur kocokan telur pada daun pisang lalu dipanggang). Baik keduanya  sama- sama enak dan  bisa di masak dengan atau tanpa ikan. Biasanya saya membuat ini kala tanggal tua ataupun jika malas menggiling ikan. Kebetulan sore ini kedua - duanya tengah menyerang , namun dua pasukan tengah kelaparan. 

Untuk isian pedas bisa menggunakan ampas cuka. Jika membuat cuka pempek kita suka menyaring nya. Nah ampas nya jangan dibuang karena bisa dipakai untuk isian pada pempek panggang. 

Pempek Panggang ini sedap di sajikan saat hangat dengan renyah diluar, namun kenyal di dalam. Dengan bumbu pedas dan gurihnya udang membuat pempek panggang memiliki rasa citarasa khas.

tertarik untuk membuat empek -empek panggang , berikut resepnya

Pempek Panggang Tanpa Ikan
resep dari ibu saya


Adonan pempek tanpa ikan
Ebi halus secukupnya
Ampas cuka (jika tidak ada haluskan  10 cabe rawit dengan 2 siung bawang putih)
kecap manis

Cara membuat

  • Adonan pempek /empek -empek di bulat -bulat dan di letakkan pada panggangan. Saya meletakkannya pada alas stainless steel untuk alas cetakan membuat kue lumpur. Masak dengan api kecil sampai matang


  • Jika masak, Belah 2 pipih tapi jangan sampai putus. Masukkan 1 sdt ebi, 1 sdt sambal /ampas cuka dan sedikit kecap. Untuk mempermudah proses pembelahan pempek jangan lupa setiap akan memotong, pisau telah dibasahi / di rendam air. Jika pada saat di belah pempek belum matang silahkan panggang kembali.
  • silahkan disantap. Sedapp


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.