Pempek Krispi Ekonomis

Pempek merupakan menu yang dalam 1 minggu bisa 3 -4 kali tersaji sebagai cemilan di sore hari. Kalau di Palembang tinggal tancap gas lalu beli pempek. Dengan Harga bervariasi Mulai dari yang menguras isi dompet sampai murah meriah hadir di kawasan palembang.

Pempek sudi mampir baik lenggang atau pun pempek kecil -kecilnya selalu menjadi favorit saya, harga per pcs nya hampir Rp.4000 / pempek kecil membuat dompet jebol karena kalau makan pempek kecil 1 aja mana cukup oleh karena itu pempek di kawasan sekanak  dan seputaran pasar 26 ilir juga jadi favorit saya. Pempek tidak harus menggunakan ikan tenggiri, gabus atau kakap atau  ikan berdaging putih  lainya,  pempek berbahan dasar ikan sarden pun juga enak , asal di kelola dengan benar.
Asian Games menjadi moment yang berkesan pada saya. Kota kelahiran saya di sulap sangat cantik. Kereta api / LRT pertama di Indonesia justru mulai beroperasi pertama di kota saya. Saya bangga sekali :) . berbicara tentang ASIAN GAMES maka tak akan lepas dari upaya Pemerintah , salah satunya dinas pariwisata untuk memperkenalkan palembang kepada negara - negara peserta asian games dan melibatkan banyak pihak untuk mensukseskan nya, tak terkecuali pengusaha pempek. Sepanjang jalan sudirman pada malam hari tampak pertunjukan dan kuliner food salah satu nya Pempek Krispi.

Jln Sudirman yang di sulap dengan food court sepanjang malam selama ASIAN GAMES di Palembang
Selama ASIAN GAMES di Palembang , maka setiap hari saya bersama thiya akan mencoba destinasi dan melihat pertunjukkan yang di adakan oleh pemerintah. Naik LRT dari Jakabaring sport center dan ke bandara, melihat pertandingan Panjat tebing, Dinar dll. Saya telah menantikan moment ini di Palembang, sehingga harus berpartisipasi meramaikan.

Berbekal petunjuk pada website INASGO dan IG  dinas pariwisata palembang  maka thiya dan saya menikmati setiap agenda yang di jadwalkan. Pada saat  menonton pertandingan dan akan  membeli tiket , karena kekurangan peserta yang menonton pertandingan, maka  Panitia melalui dinas pendidikan meminta agar  melibatkan anak Sekolah  SMA untuk mengisi tribun penonton dan saya ibu beranak 1 ini di kira guru pengawal siswa sekolah sehingga  setiap akan masuk ke tribun pertandingan selalu gratis  :)

Trans Musi yang melayani tranportasi antar venue secara gratis

Penonton Pertandingan di Jakabaring Sport Center
Menunggu Trans Musi di Halte setiap venue 

Pertama mencicipi pempek krispi ini saat idul Fitri tahun lalu , lalu menjadi salah satu variant pempek yang diminati pada saat  ASIAN GAMES . Di Both Sudirman Street saat Perhelatan ASIAN GAMES salah satu both pempek menyajikan pempek krispi dengan wadah cup seperti kentang goreng lalu diatas nya ada cup kecil berisi cuka pempek. Pempek Krispi ini bercitarasa gurih dengan sensasi kenyal di bagian dalam dan cruncy / krispi  di bagian luarnya.

Sepulang dari Makan pempek krispi di Sudirman street, keesokan harinya adik saya pun membuatkan saya pempek untuk di nikmati. dan resep adik saya tersebut menjadi salah satu resep pempek favorit saya. Saya telah berkali - kali  membuat pempek krispi  baik pempek krispi versi premium dengan banyak telur dan versi ekonomis berbahan ikan sarden dan sedikit telur. Kedua nya saya suka. Untuk Versi Premium nanti saya sharing jika di pasar ada ikan tenggiri / kakap. Untuk sekarang versi ekonomis dulu.

Pempek Krispi Ekonomis 


Tertarik untuk resep pempek lainnya
Pempek Pistel tanpa Ikan
Pempek Panggang 

Bahan :
350 gram Ikan Sarden Giling (Saya membeli 500 gram ikan sarden, siangi ikan, lalu pisahkan dengan tulang dan kulit nya. Masukkan daging ikan ke Freezer
3 butir Bawang Putih iris kasar
1 tangkai daun bawang iris kasar
1 butir telur
200 gram sagu / Tepung tapioka (secukupnya)
1,5 sdt Garam

Pelengkap
Tepung terigu secukupnya beri sedikit garam dan bawang putih bubuk 1 sdt / ganti tepung bumbu instan

Cara Membuat
  • Daging ikan , garam , telur dicampur jadi satu. Saya memasukkan telur dan putih telur ke wadah blender lalu saya blender dan dengan sebagian cairan dari telur saya giling ikan sedikit demi sedikit.
  • Pindahkan hasil gilingan  ke wadah, tambahkan daun bawang lalu aduk cepat dan tambahkan sagu. Jangan di aduk - aduk terlalu lama karena akan membuat adonan keras, cukup di aduk asal rata saka.
  • Lumuri tangan dengan tepung terigu / gunakan tepung bumbu instan. Saya menggunakan tepung terigu yang di beri sedikit garam dan bawang putih bubuk.
  • Ambil 1 sendok adonan ikan, lalu tipiskan di tangan yang terbalur tepung. Balik lalu beri tepung terigu lagi.
  • Goreng dengan minyak goreng , setengah matang angkat.
  • Potong - potong pempek, saya membagi 3 , lalu goreng kembali dengan minyak yang banyak sampai coklat kekuning - kuningan. Pempek akan sedikit mengembang. Tidak mengembang 2x lipat seperti roti, namun akan sedikit terangkat karena terbentuknya rongga pada adonan yang telah garing. Pempek krispi yang benar memiliki tekstur kenyal di dalam dan renyah diluar.
  • Angkat , sajikan bersama kuah cuka. Resep cuka pempek disini ( Pempek Pistel tanpa ikan )




No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.