Oncom Tumis Kemangi

Oncom adalah makanan asal Indonesia yang terutama populer di Jawa Barat. Makanan ini adalah produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang, mirip dengan pengolahan terhadap tempe. Perbedaaannya adalah bahwa pada oncom hasil olahan dinyatakan siap diperdagangkan setelah kapang menghasilkan spora, sementara pada tempe hasil olahan diperdagangkan sebelum kapang menghasilkan spora (baru dalam tahap hifa).

Ada dua jenis utama oncom: oncom merah dan oncom hitam. Oncom merah didegradasi oleh kapang oncom Neurospora sitophila atau N. intermedia,  sedangkan oncom hitam didegradasi oleh kapang tempe Rhizopus oligosporus, dan/atau jenis-jenis Mucor. Oncom adalah satu-satunya bahan makanan manusia yang diolah dengan melibatkan jenis Neurospora


Oncom merah sering saya jumpai di pasar, baik pasar palembang atau lampung. Namun Oncom hitam sangat jarang. Adanya oncom putih. atau oncom putih atau hitam itu adalah jenis oncom yang sama ya?. Kalau oncom putih, ibu saya tidak terlalu suka memasaknya. Sehingga menurun ke anaknya ini. Ibu saya suka memasak oncom tumis apalagi kalau keuangan lagi sulit namun ke empat anak nya tetap perlu lauk makan, maka di pilihlah si oncom merah untuk ditumis dan mengisi meja makan kami. 

Harga oncom yang relatif murah membuat si oncom menjadi sumber protein bagi kalangan menengah kebawah dan dengan di beri aroma kencur, membuat bau khas oncom sedikit tersamarkan. Saat saya SMP dan teman sekolah main ke rumah saya, ibu saya menyajikan oncom untuk lauk kami bersama, dan teman saya pun mengaku tidak tahu dan  tidak pernah memakan oncom, namun ia menyukai rasanya. Baru saat itu saya sadar tidak semua keluarga di palembang mengenal oncom sebagai alternatif lauk seperti keluarga saya walau kami satu daerah pun.

Ingin mencoba membuat nya, berikut resepnya :

Oncom Tumis Kemangi



Bahan :
4 papan oncom ukuran kecil  ( 200 gram Oncom)
1/2 ikat kemangi  (pilih hanya daun nya saja, iris kasar)
1/2 sdt garam
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus
4 siung kencur ukurang kecil /5 cm kencur
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah cabai rawit merah (tambahkan jika suka pedas)
4 buah cabai merah keriting

Cara membuat
  • Panggang Oncom dengan teflon anti lengket dengan sedikit minyak,angkat lalu lumatkan saat masih hangat
    panggang oncom dengan sedikit minyak
  • Haluskan bumbu dengan sedikit air menggunakan blender, atau menggunakan ulekan lumpang. 
  • Tumis bumbu hingga harum, lalu masukkan oncom aduk -aduk hingga tercampur rata
  • Masukkan kemangi lalu aduk sampai kemangi layu. Saya tidak menambahkan air karena air sudah terkandung pada kemangi yang basah karena di cuci. Namun jika di rasa kering, bisa tambahkan sedikit air
  • tambahkan garam dan aduk hingga rata
  • koreksi rasa, angkat dan sajikan


Semoga bermanfaat
The Secret Ingredient Is Always Love
Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.