Lontong Sayur Labu Siam dengan Jamur Tiram

Lontong Sayur merupakan sarapan yang mengenyangkan di pagi hari. Keluarga saya sering sekali menyantapnya sebagai sarapan pengganti nasi.  Walaupun berbahan dasar Beras. Penampilan lontong yang berbeda dengan nasi membuat thiya lahap sekali memakan lontong sayur. Oleh karena itulah pengunaan cabai saya saya kurangi , jika anggota keluarga mau yang pedas bisa di tambah dengan " sambal cenge " yang telah siap di meja.

Pada resep kali ini saya menggunakan lontong yang di beli di Pasar. Jujur saya malas jika harus membuat lontong dalam jumlah sedikit karena proses memasak yang lama hanya untuk merebus nya memerlukan waktu   2 -3 jam maka  lebih baik membelinya saja. Lain Halnya jika moment lebaran. Rasanya sedih sekali jika Hari raya tiba dan tidak ada ketupat, maka demi moment itu saya rela memasaknya 3 - 4 jam dengan 5 buah ketupat saja (panci saya kecil). Yang jerih payah nya belum hilang, ketupat telah habis.  Nikmat nya jadi Ibu :)

Bagi yang ingin membuatnya, silahkan ganti sayur dengan stok di kulkas. Bisa ganti dengan nangka saja, atau masukkan aneka sayur. Sayur ini memiliki cita rasa pedas, manis dan gurih. Jika rasa malas memasak melanda, saya biasanya memasukkan potongan daging sapi , ayam , udang atau sumber protein nabati lainnya seperti tahu dan tempe  sehingga tersaji hidangan  lauk dan sayur  dalam 1 masakan. Simple bergizi  dan lezat. 

Lontong Sayur Labu Siam dengan Jamur Tiram
resep oleh Ibu Saya dengan modifikasi seperlunya
Untuk 2 porsi

Bahan :
Lontong / ketupat  siap pakai (saya beli jadi di pasar atau bisa menggunakan  Ketupat instan rebus hingga matang)
1/2 potong Labu Siam Potong korek api
50 gram pepaya muda
50 gram Jamur tiram rebus sebentar untuk menghilangkan bau langu nya
50 gram Udang kecil ,buang kulit nya (saya tidak pakai)
1 pcs tahu goreng berkulit , potong dadu (saya tidak pakai)
5 pcs buncis potong serong  (Ganti kacang panjang jika tidak ada)
2 pcs  daun salam
1 batang serah memarkan ikat simpul
1 sdm minyak untuk menumis
300 ml air kaldu (jika tidak ada pakai kaldu instan)
300 ml santan dari 1/4 kelapa / 1 sachet santan instan

Bumbu Halus
5 buah cabe merah (saya buang bijinya)
5 butir bawang merah
2 butir bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
1 sdt garam

Pelengkap :
Kerupuk
Sambal
Telur rebus
Bawang goreng

Cara Membuat:

  1. Panaskan Minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan daun salam dan serai. Aduk rata. Masukkan udang, labu siam , pepaya muda masak sampai lunak dan masukkan bahan sayur lainnya ( jamur tiram) , buncis. Masak kembali hingga sayuran lunak lalu  tambahkan garam dan koreksi rasanya
  2. Potong-potong lontong, tata di mangkok. Siram dengan kuah lontong. 
  3. Sajikan bersama kerupuk, telur rebus dan sambal favorit
  4. Beri taburan bawang goreng. Sedap


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.