Chocolate Banana Muffins

Chocolate Banana Muffins ini adalah favorit thiya, dan favorit bunda thiya. Selain mudah memasaknya juga penggunaan bahan yang praktis dan umumnya tersedia di dapur Keluarga Indonesia. Muffin ini menggunakan pisang, umumnya kita menggunakan pisang ambon, namun jika tidak ada bisa menggunakan pisang lainnya yang citarasanya manis. Pisang yang digunakan pisang buah, bukan pisang untuk di goreng atau dibakar seperti pisang kepok. Saya pernah membuat banana muffin dengan pisang raja, ambon, putri, susu. Semua nya enak dan cocok dijadikan untuk campuran cake atau muffin. dan sejujur nya saya belum pernah mencoba pisang kepok untuk dijadikan cake. karena umumnya pisang kepok akan saya goreng dan di buat keripik saat mentah.

Bahan kedua yang diperlukan adalah chocolate chip. Kebetulan ada chocolate warna warni thiya, chocochip lagi kosong. Makanya thiya senang sekali dan antusias untuk menaburi dengan chocolate warna warni. Chocolate warna warni ini di sebut thiya "icik - icik" karena saat masih dalam bungkusan dan di goyang akan keluar suara gemericik.
Membuat Chocolate Banana Muffins kita bisa mengerjakannya bersama buah hati kita, thiya yang berusia 3y harus sering dilatih motoric halus nya. Dengan melatif ,otoric halus pada tangan akan membuat thiya mampu memegang pensil 3 jari (seperti orang dewasa memegang pensil saat menulis). Thiya memagang pensil masih dengan cara menggenggam. Dengan menemani bunda nya memasak, membuat roti, memeras kelapa parut dan mengambil biji - bijian akan melatih kerja motoric halus pada batita. Saya memang berkomitmen thiya harus tumbuh dengan dampak gadjet seminimalis mungkin. Sehingga saya sering meminta kerjasama ayahnya untuk mendukung tumbuh kembang thiya tanpa gawai /gadjet. 

tertarik untuk mencoba Chocolate Banana Muffins ? berikut resepnya

Chocolate Banana Muffins


Resep adapted from 'Banana Bread Recipe'by Joy of Baking ,modified by Ricke ' Bunda Nadhifa'

Bahan :
230 gram terigu protein sedang (saya menggunakan terigu merk segitiga biru)
30 gram coklat bubuk
200 gram gula pasir
1 sdt baking power
1 sdt soda kue 1/4 sdt garam (Kalau pakai salted butter tidak usah di pakai)
2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
113 gram margarin / mentega (saya menggunakan margarin) lelehkan
3 -4 buah pisang ambon (sekitar 400 -450 gram pisang tanpa kulit) hancurkan dengan garpu (saya menggunakan pisang susu)
1 sdt vanilla

Pelengkap
Chocolate chips

Cara membuat
  • Panaskan oven. Set di suhu 200 oC. Siapkan paper cup muffin atau loyang muffin. Saya menggunakan paper cup. Susun pada loyang, sisihkan
  • Dalam mangkok/ baskom agak besar, aduk dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder, soda kue dan garam. Masukkan gula pasir. Campur sisihkan
  • Dalam mangkok lain, campur pisang, telur, mentega leleh dan vanila. Aduk rata, masukkan ke dalam campuran tepung dan aduk perlahan dengan spatula karet. Aduk cukup hanya sampai bercampur saja, tidak usah sampai lembut dan halus. Biarkan tekstur nya masih bergerindil
  • Tuang ke dalam paper cup. Taburi chocolate chips di atasnya. 
  • Panggang dalam oven selama 30 menit atau sampai matang dengan permukaannya kecik (lakukan test tusuk dengan tusuk gigi bersih/ lidi bersih jika tidak ada adonan menempel di lidi itu tanda nya telah matang)
  • Angkat dan sajikan
Note :
Sebaiknya chocochip dimasukkan saat cake telah hampir matang agar chocochip tampilannya tetap cantik. Rasa tidak berubah. Punya saya dimasukkan di awal, sehingga warna chocochip memudah. tapi rasanya juara. Saya sudah rebake beberapa kali.

Semoga bermanfaat

 The Secret Ingredient Is Always Love
 Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.