Chicken Stick

Thiya jika makan olahan ayam dalam bentuk nugget, sosis dan chicken pop corn lahap sekali. Namun terkadang saya khawatir dengan "ingredient" pada bumbu yang dipakai. Memang setiap produk telah mendapatkan ijin edar dalam bentuk Merk Dagang oleh  BPOM , serta sertifikasi halal dari MUI namun sebagai seorang ibu yang menginginkan makanan terbaik untuk anak nya, ditambah pengetahuan saya tentang bahaya zat pengawet dan aditif pada makanan, membuat saya selektif memilih makanan. Rasanya Ilmu yang di dapatkan di bangku kuliah jika tidak bisa di salurkan dalam bentuk pekerjaan dan tidak pula di salurkan ke dalam keluarga, alangkah mubazir nya.

Ambil contoh TBHQ atau Tetr-ButylHydroquinone. Di setiap kemasan Mie Instan / makanan lainnya terdapat tulisan mengandung "TBHQ". TBHQ atau Tetr-ButylHydroquinone merupakan senyawa organic aromatik jeni fenol yang ditambahkan pada makanan agar memperpanjang masa penyimpanan. Secara regulasi oleh FDA atau federasi makana amerika serikat dibatasi atas penggunaan nya 0,02 %  terkandung pada minyak atau lemak makanan. Walaupun begitu mengkonsumsi berkali - kali dan terakumulasi di tubuh dalam kurun waktu tertentu bagi saya merupakan bom waktu yang sewaktu - waktu akan berbahaya bagi kesehatan keluarga. 

Sesekali saya memang abai memberikan thiya makanan instan, tapi semoga lebih  banyak  yang tidak abainya. Karena sebagai seorang ibu saya masih belajar banyak hal agar bisa menjadi ibu dan istri yang baik bagi keluarga kecil kami.  

Sebagai alternatif nugget dan chicken pop corn yang yang suka thiya makan, saya membuat chicken stick, ini resep yang sama untuk chicken pop corn, namun kali ini saya membuat nya berbentuk stick. Saya membuat  chicken stick ini bersama thiya.  Kami memang suka memasak berdua di dapur. Membuat chicken stick ini bersama -sama selain untuk mengenalkan aktifitas dapur , melatih insting kewanitaan nya dikemudian hari, juga sebagai cara saya melatif motoric halus thiya. di usia 3 tahun, disamping permainan melatih motoric halus lainnya. 

Tertarik untuk membuat nya ? berikut resepnya 

Chicken Stick

resep di adaptasi dari majalah saji tahun 2009 dengan modifikasi seperlunya 




Bahan : 
250 gram dada ayam

Bumbu perendam 
3 siung bawang putih haluskan
1 sdm saos tiram
1/2 sdm soy sauce

Bumbu Penyelup 1 
2 butir putih telur ayam
4 sdm susu cair

Bahan Penyelup 2 
8 sdm tepung terigu
2 sdm maizena
1 sdt bawang putih bubuk
1 sdt kaldu instan (skip jika tidak suka)
1 sdt garam

Bahan Penyelup 3
Tepung roti / panir / panko

Cara membuat 
cuci bersih ayam, scrub dengan garam kasar untuk menghilangkan bau dan lendir pada ayam
fillet ayam dan ambil daging ayam saya sebanyak 250 gram

potong daging ayam seperti stick, beri bumbu perendam yaitu campuran bumbu perendam pada resep. dan marinage selama minimal 2 jam masukkan ke chiller. 

Campurkan bumbu pencelup pada wadah masing - masing, aduk rata dan homogen kan. letakkan bumbu pencelup berdampingan. 

Ambil 1 buah potongan ayam masukkan ke campuran telur (pencelup 1), lalu ke 2, lalu ke 1 dan ke 3. Jika ingin tepung nya lebih tebal lakukan proses pemaniran 3x dan celupan terakhir adalah tepung roti. 

Masukkan ke kulkas minimal 30 menit agar tepung roti set

Goreng dalam minyak panas ,angkat saat kuning keemasan,sajikan bersama saus sambal / tomat



Selamat mencoba



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.