Cake Tape Singkong Keju

Hari Sabtu dan anak tetangga datang ke rumah untuk bermain bersama - sama  setelah 5 hari sekolah. maka ibunya thiya ini mencari alternatif cemilan untuk sore hari. Berbekal stok tape di kulkas yang di beli tadi pagi di pasar 4 bungkus dengan harga hanya Rp.5000  maka dibuatlah cake tape singkong ini. Resep dari ordinary kitchen ini telah berkali - kali saya coba dan hasilnya enak sekali, cake tape singkong ini jadi salah satu cake tape  favorit saya , selain proll tape.

Tape atau tapai atau Peuyem (bahas Sunda) merupakan singkong yang mengalami fermentasi dengan bantuan ragi tapai (Saccharomyces cerevisiae).  Tape singkong berasal dari Umbi Singkong. Singkong sebagai makanan sumber karbohidrat merupakan sumber makanan yang telah di kenal luar sebagian masyarakat Indonesia. Tape singkong merupakan salah satu pemanfaatan dan pengolahan singkong. Kudapan yang berasal dari tapai singkong  berkembang sesuai dengan kreatifitas para penggiat kuliner. Jika akan menggunakan tape pilih tape madu yang memiliki warna kekuning-kuningan. Tape singkong jenis ini sangat manis, lebih legit dan enak. Namun jika tidak ada tape yang berwarna putih pun tidak masalah.

Jika dahulu olahan tape singkong hanya dengan cara di goreng, saat ini bisa di olah menjadi cake tape singkong keju , brownies tape,  proll tape, donat tape , roti tape dll . Kali ini saya akan memposting olahan tape singkong yaitu Cake Tape Singkong Keju. 


Cake Tape Singkong Keju

resep by ordinary kitchen cake tape keju



Bahan



- 300 Gram Tape singkong (buang sumbunya)
- 75 ml santan / SKM (saya menggunakan SKM)
- 180 gram tepung terigu protein sedang
- 1 sdt Baking powder
- 5 butir telur
- 180 gram gula pasir
- 1 sdt Cake Emulsifier (saya tidak pakai)
- 1 sdt essense vanilla
- 150 gram margarin cair
- 50 gram keju cheddar parut

Taburan
- 50 gram keju parut

Cara membuat cake keju tape :
- Campurkan tape singkong dengan SKM atau santan Instan. buang sumbu nya, atau buang juga bagian  singkong yang masih keras , campurkan hingga halus dan rata
- Timbang tepung terigu secara tepat, tambahkan Baking powder ayak sampai merata
- Siapkan loyang tulban. Oleh tipis dengan margarin dan tabur terigu dan panaskan oven dengan suhu 160 - 170  oC
- Kocok Telur , Cake Emulsifier dan gula pasir  sampai mengembang , putih dan kental. Tambahkan dengan Essense vanila. Tanda Kocokan telur telah mengembang dan Kental ditandai dengan tidak mudah jatuh nya adonan saat di ambil sedikit dan di balik. Adonan ini benar - benar harus KENTAL karena akan di campur dengan tape yang berat
- Masukkan tape singkong ke dalam adonan perlahan - lahan dengan kecepatan rendah sampai merata
- Masukkan Margarin cair sedikit demi sedikit sambil di aduk dengan spatula. ( Saya masih menggunakan mixer namun kecepatan rendah)
- Masukkan Campuran terigu perlahan - lahan dengan spatula.  ( Saya masih menggunakan mixer namun kecepatan rendah)
- Masukkan Keju parut pada adonan, sisakan untuk topping
- Pindahkan adonan ke dalam loyang tolban, Saya menggunakan loyang tulban bongkar pasang sehingga perlu di lapisi dengan loyang persegi untuk mencegah adonan keluar dari sela - sela. Jika melihat adonan nya tidak penuh karena seharusnya diameter 22 cm , saya 24 cm. Loyang ini adalah satu - satu nya loyang tulban yang saya miliki . 


- Panggang di oven dengan temperature 160 - 170  oC selama 45 - 60 menit sampai warna nya kecoklatan. lakukan test tusuk untuk mengecek apakah adonan tengah telah matang


- Angkat dan Dinginkan.


Selamat mencoba
Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.