Bobor Jagung Aroma Kemangi dan Sate Bandeng

Ikan Bandeng merupakan ikan laut yang ketersediannya di Pasar Lampung bisa dibilang hampir setiap hari ada. Daging ikan Bandeng gurih dan bercitarasa gurih dan tidak mudah hancur  namun memiliki duri -duri kecil yang menyulitkan anak - anak juga orang dewasa untuk menyantapnya. Jika di Palembang Ikan Bandeng sering berbau lumpur. di lampung ikan bandeng nya bebas dari lumpur. Hal itu di sebabkan karena ikan bandeng  di Palembang sebagian besar berasal dari  budidaya di  tambak. sedangkan  di Lampung , ikan bandeng berasal dari  keramba sehingga  tak berbau  lumpur. Bau Lumpur  pada bandeng di sebabkan oleh  bakteri Cyanobacteria, terutama dari genus Oscillatoria, Symloca, dan Lyngbia, yang menghasilkan geosmin.  Apabila ikan tinggal di tempat yang kaya geosmin atau memakan plankton ini, dagingnya akan memiliki cita rasa tanah.

Palembang yang memiliki banyak etnis salah satunya etnis tionghoa. Pada perayaan Tahun baru Imlek teman saya selalu menyajikan ikan bandeng sebagai santapan keluarga mereka umumnya dengan cara di Presto. Saya mengenal Sate Bandeng justru setelah di Lampung, seorang rekan kerja mencicipi saya hasil masakan istrinya pada saat makan siang sehingga sejak saat itu Sate Bandeng menjadi olahan favorit saya. Sate Bandeng berbeda dengan  olahan sate lainnya. Umumnya sate berupa potongan daging kambing, ayam yang di potong -potong lalu di tusuk pada lidi bambu, maka sate bandeng di buat dengan cara mengeluarkan daging bandeng dari kulit bandeng namun kulit tersebut tidak boleh sobek karena akan di pergunakan lagi sebagai selongsong daging bandeng berbumbu.

Kekhasan Sate Bandeng adalah cara pengolahan nya yang tanpa minyak, membuat Sate Bandeng sangat sehat di konsumsi, aman dari Duri dan sangat cocok untuk makanan anak anak tanpa khawatir tersedak duri. Hampir semua bumbu dapur di tambahkan ke dalam giling daging bandeng sehingga membuat cita rasanya mantap sekali,  Lalu untuk menghemat dan mempergunakan sisa santan dari 1/2 butir kelapa yaitu bobor jagung  aroma kemangi  sebagai sayur mayur menemani sate bandeng.

Berikut resep Bobor Jagung Kemangi  dan Sate Bandeng untuk keluarga kecil kami yang hanya bertiga. Jika dibutuhkan   kalikan bumbu dantakaran  sesuai dengan jumlah  anggota keluarga.

Sate Bandeng 

Bahan 
500 gram ikan bandeng (2 ekor)
2 sendok makan kelapa parut kering / kelapa parut basah (gunakan kelapa parut yang muda  , jika tidak ada pakai kelapa parut yang tua)
Santan 100 ml
2 lembar daun pisang / ganti aluminium foil

Bumbu Halus
1 ruas kunyit ( bakar sebentar)
1 cm lengkuas
2 cm jahe
5 butir bawang merah
2 butir bawang putih
1 sdt garam
2 cabai merah  (tambahkan jika suka, saya tidak pakai)

Cara Membuat
Siangi ikan , bersihkan dari sisik ikan dan buang kotoran di perut. Jangan menyayat Perut ikan untuk mengeluarkan jeroan ikan melainkan dengan memanfaatkan rongga ada mulut ikan dan kepala ikan. Buka rongga mulut ikan lalu keluarkan insang nya, dengan menggunakan jari tangan keluarkan secara perlahan jeroan ikan dari rongga tersebut. Lalu cuci ikan
Pukul - pukul kulit  ikan perlahan - lahan dengan lumpang / palu / gagang pisau. Lalu gunakan ujung sendok dan masukkan ke dalam rongga ikan tersebut , geser - geser pangkal sendok yang telah ada di sela -sela daging dan kulit ikan. Patahkan tulang ikan pada pangkal dan ekor , lalu tarik tulang ikan

Keluarkan daging ikan dan bersihkan kulit ikan. Sementara mempersiapkan sayur , saya masukan daging ikan ke freezer agar setengah beku sehingga memudahkan di blender.



Siapkan blender ( atau food processor). Saya memasukkan semua bumbu halus pada blender , lalu ditambahkan sebagian santan cair dan di blender.

Masukkan ikan giling yang telah setengah beku ke blender. Jika mempunyai food processor tak perlu menggiling daging ikan sedikit demi sedikit. Namun jika tidak mempunyai FP (food Processor) seperti saya maka cukup masukkan daging ke frezer sampai  setengah membeku lalu giling ikan bersama dengan cairan sesuai resep.

Masukkan kelapa parut, ketumbar bubuk dan garam. Lalu ambil sedikit adonan lalu masukkan ke kulit ikan, bungkus dengan daun pisang atau menggunakan aluminium foil. Lalu panggang sebentar di pan datar

Sate Bandeng siap di sajikan


Bobor Jagung Aroma Kemangi
Bahan
2 buah jagung manis, direbus , di pipih
1/2 papan (50 gram tempe) rebus potong dadu
3 lembar kol (100 gram) diiris kasar
600 ml santan dari 1/2 butir kelapa ( saya dari 1/2 kelapa 100 ml santan kental di pakai untuk Sate Bandeng sisanya untuk Bobor Jagung)
2 lembar daun salam dan 2 cm lengkuas memarkan
2 buah cabai merah (buang biji nya) diiris serong
4 tangkai kemangi (petik lalu cuci)

Bumbu Halus :
2 cm kencur
5 butir bawang merah
2 butir bawang putih
1 sdt garam
1/2 sdt ketumbar

Cara membuat :
Rebus santan bersama bumbu halus, lengkuas dan daun salam sampai matang dan harum , lalu masukkan cabai merah , jagung manis, tempe dan kol masak sampai matang, lalu tambahkan kemangi, aduk rata tambahkan garam. koreksi rasa. Sajikan


Kedua resep tersebut bisa di masak sebagai menu sehari - hari 

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.