Agar Lapis Warna Warni

Saat ini sedang tren diet agar - agar. Diet agar - agar dilakukan karena agar - agar memiliki kadar serat yang tinggi namun harus tetap memperhatikan kandungan gula dan kalori. Memakan agar - agar dipercaya sebagian pelaksana diet ini dapat mendatangkan rasa kenyang yang lebih lama. walau saya akui itu tidak berlaku untuk saya. Bagi saya agar - agar tanpa tambahan gula itu penyiksaan. Tapi saya ucapkan "semangat" bagi yang tengah menjalani nya.

Agar - agar tidak hanya di sukai anak - anak , orang dewasa maupun orang tua. Penyajian yang sederhana pun bisa membuat agar - agar habis dalam sekejap. Waktu saya bekerja sebagai Analyst Laboratorium Pabrik Makanan. Agar - agar pun di gunakan sebagai media tempat hidup organisme  yang bisa teridentifikasi sesuai jenis agar yang dipakai. Walau tentu berbeda dengan agar - agar yang ada di pasaran untuk di konsumsi. Agar - agar media organisme telah di tambah nutrien sesuai dengan mikroba yang di cari. Agar Mac conkey salah satu contoh nya yang di gunakan untuk  identifikasi Bakteri Salmonella. Kandungan Salmonella pada tubuh manusia berpotensi menyebabkan Diare, Typus dll. Sehingga sebagai seorang Quality Control Makanan, saya harus mengecek apakah produk akhir terkontaminasi bakteri salmonella untuk mencegah produk tersebut lepas ke pasaran dan memastikan Good Manufactoring Procedur ( GMP) pada produksi pabrik berjalan baik. 

Upss cukup dahulu kilas balik sebagai working mom (saat itu). Kali ini saya membuat agar warna warni untuk putri saya thiya 3y. Kali ini saya tambahkan gula. Dahulu saat thiya 7m, saya pernah buat juga namun tanpa gula. hal ini selain untuk memperkenalkan warna pada putri saya juga sebagai MPASI nya. hmm buat teman - teman yang sedang diet agar -agar bisa buat resep berikut dengan cara mengganti Susu (pada agar putih) dengan Susu Low Fat dan gula nya di hilangkan. 

Agar  Lapis Warna Warni 

Bahan : 
Adonan 1 
 - 1 bungkus agar - agar
- Susu Cair 700 ml / ganti dengan Santan Kelapa 700 ml
- 120 gram Gula pasir (tambahkan jika suka manis)

Adonan 2 
- Air Putih 700 ml
- 120 gram gula pasir
- Pewarna Makanan Aneka Warna (Jingga, kuning, hijau, biru, ungu)

Cara membuat 
  1. Siapkan 2 buah panci dengan 2 tungku api
  2. Pada masing - masing panci masukkan bahan 1 pada panci 1 atau kita sebut adonan putih  dan bahan 2 tanpa pewarna  pada panci 2 atau kita sebut lapisan warna
  3. Siapkan loyang ukuran 20 x 20 cm. Basahi dengan air minum agar memudahkan untuk melepaskan nya
  4. Jika telah ada lapisan atas pada adonan putih di loyang , Nyalakan kompor pada panci 1, jika telah mendidih masukkan sekitar 4 centong pada loyang. Nyalakan kompor dengan nyala api paling kecil.
  5.  Masak adonan 2 tanpa warna. Masukkan 3 centong pada mangkok  beri pewarna jingga (seharusn nya sesuai warna pelangi MEJIKUHIBINIU namun saya tidak ada warna merah, jadi di ganti warna jingga. Tuang sesendok demi sesendok pada lapisan putih. Jangan Langsung tuang agar lapiran tidak tercampur
  6. Setelah Lapisan warna 1 set, beri lapisan putih lagi. lakukan berselang seling sampai adonan dan semua warna telah di beri. Simpan dalam lemari es
  7. Potong - potong dan siap di sajikan
Selamat mencoba 


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.