Rujak Kangkung Ala Ibu Teman saya

Ketika saya masih sekolah dan bertamu ke rumah sahabatnya. Ibu nya menyajikan masakan yang unik. Rebusan kangkung yang di beri sambal kacang. Sebagai  bukan penggemar sayur, memakan masakan itu merupakan pengalaman yang menarik bagi saya. 

Bertahun -tahun kemudian, tak kala sudah menyadari arti penting nya sayur mayur bagi kesehatan. saya mulai belajar memasak masakan sederhana tapi enak, rujak kangkung ini menjadi menyelamat saya tak kala perut lapar.

Kangkung hidup liar di rawa- rawa. Di Palembang,  rumah orang tua saya jenis rumah panggung. Jika musim Pasang dan hujan air akan masuk di bawah rumah kami. Sehingga kangkung sebagai tanaman yang mudah tumbuh subuh dan sebagai makanan ikan , Ibu saya suka sekali membuang sisa sisa batang kangkung di bawah air, akibatnya kangkung basah  tumbuh subuh di bawah rumah kami. Mungkin atas dasar itu, saya tidak terlalu menyukai tekstur kangkung yang tumbuh di rawa -rawa. Saya lebih menyukai kangkung yang di tanam di tanah. Sampai saat ini pun saya menyukai kangkung cabut istilah untuk kangkung yang di tanam di tanah. 

Tumbuh besar di rumah panggung membuat saya punya cita -cita untuk punya rumah yang memiliki halaman. sehingga saya bisa menanam tanaman. walaupun cita -cita tersebut belum sepenuh nya terpenuhi. Rumah dinas suami saya di lampung ini memiliki banyak halaman untuk saya eksplorasi. 

Rujak Kangkung Ala Ibu Teman saya 
resep : Modifikasi oleh saya




Bahan :
- 1/2  ikat kangkung

Bumbu
- Kacang Tanah 20 butir (panggang atau goreng)
  Saya selalu menyetok kacang tanah yang telah di panggang di toples
- terasi 1 sdt
- Garam secukupnya
- 2 pcs cabai merah (tambahkan jika suka pedas)
- Gula kerek /gula merah 2 sdm / setengah potongan bambu)
- 1 cuil asam jawa ( 1 sdm tambahkan dengan air mendidih 6 sdm)
- Air masak 25 ml

Cara membuat :
- Potong kangkung , cuci bersih dan tiriskan
- Rebus air hingga mendidih
- siapkan air di baskom
- Masukkan kangkung ke air mendidih selama 1 menit, angkat dan masukkan ke air dingin di baskom
- Peras kangkung dan tata di piring saji

Bumbu
- Masukkan kacang tanah, terasi, cabai, garam , gula merah, air asam jawa dan air masak ke blender
- blender sampai halus

Penyajian
- Siram halusan bumbu kacang pada kangkung di piring saji

Untuk : 2 orang

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.