Ayam kung Pao nan menggoda

Suka deh sama resep ini karena lembutnya roti berpadu dengan kriuknya mete, asamnya tomat serta pedasnnya cabe membuat roti ini unik , menarik dan menggiurkan. .Resep ini saya ambil dari buku kanaya press “Resep Roti ala Bakery oleh Kristie I.F.W.  Buku ini adalah pemberian  Bunda lia di kaliurang jogyakarta, yang telah berbaik hati menolong saya walaupun  tak pernah bertatap muka…sehingga menyia-yiakan kebaikan seseorang tampak nya suatu hal yang TERLALU


Kalau memasak tidak ada  “Accident” sepertinya bukan saya banget deh dan lagi kejadian itu ter ulang di resep kali ini, tapi syukurlah hasil roti tidak lah mengecewakan bahkan melebihi harapan saya, hehehehe J. Kejadiannya begini  saya alpa (kelupaan) memasukkan tepung terigu protein sedang (pada resep)  di adonan. Sempat heran kenapa adonanya encer padahal saya telah menimbang sesuai takaran resep dan step by step telah saya ikuti, ternyata tepung terigu segitiga biru sebagai terigu protein sedang masih terpacking utuh tanpa saya buka sama sekali ckckckckc. Well hasil akhir tidaklah mengecewakan jadi tidak terlalu fatal dong.



Roti merupakan makanan yang tidak asing lagi dalam kuliner Indonesia, sejarah Indonesia yang panjang mulai dari kejayaan kerajaan majaparit, sriwijaya telah membuka jalur perdagaran budaya kuliner pun sebenarnya telah dimulai lalu kita mengenal roti canai (kalau dipalembang saya suka menyebutnya roti maryam), ditambah sejarah penjajahan hampir 3.5 abad maka kitapun mengenal roti-roti yang sesuai selera bangsa Eropa, namun perpaduan itu semua bangsa melayu memiliki roti khas yang tak kala enaknya dan kita mengenalnya dengan roti jala (kapan-kapan saya posting resepnya).  Roti adalah salah satu makanan tertua di dunia, roti  berawal dari Mesir dan Mesopotamia. Roti ditemukan saat mereka mencari cara lain untuk menikmati gandum. Roti merupakan sumber karbohidrat yang terbuat dari bahan terigu, pengembang/ yeast, lemak.

Berdasarkan proteinnya, tepungterigu terbagi atas :

  1.  Tepung terigu protein tinggi 13 % – 14 % untuk merk Cakra Kembar, tepung ini sangat cocok untuk membuat roti dan mie
  2.  Tepung protein sedang dengan merk Segitiga Biru 11 % – 12 %, tepung ini dapat diaplikasikan untuk aneka makanan
  3.  Tepung protein rendah dengan merek Kunci Biru max 11 %, khusus diproduksi untuk membuat kue kering, cake dan biskuit.
Diresep ini ada 2 jenis tepung terigu yang dipakai yaitu protein tinggi seperti cakra kembar dan protein sedang dikenal di Indonesia dengan segitiga biru.

Pembukaan saya kepanjangannya , untuk informasi lebih jelas tentang per teriguaan silahkan buka link biru yang telah disediakannya.
Ayam Kung Pao
 Bahan isi :
250 gram daging ayam tanpa kulit, potong dadu
1 sdm air jeruk nipis
½ sdt garam
½ sdt merica bubuk
1 sdm madu
4 sdm minyak goreng
4 butir bawang merah, iris halus
5 sing bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay, cincang halus
50 gram kacang mete goreng
10 cabai merah, iris setebal 1 cm dan goreng kering
3 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
1 sdm minyak wijen

Cara membuat isi:
1.      Aduk rata daging ayam, air jeruk, garam, merica dan madu. Diamkan selama 15 menit
2.      Panaskan minyak, tumis bawng merah, bawang putih dan bawang Bombay hingga harum
3.      Masukkan daging yang berbumbu, aduk hingga berubah warna
4.      Tambahkan kacang mete, cabai merah,saus tiram, kecap manis dan minyak wijen , masak hingga matang angkat sisihkan

Bahan adonan roti :
700 gram terigu protein tinggi
300 gram terigu protein sedang
230 gram gula pasir
20 gram ragi bubuk
3 gram bread improver (saya skip)
30 gram susu bubuk
18 gram garam
400 ml air
3 butir telur
150 gram margarine

Olesan : susu evaporasi (saya ganti dengan 1 sdm susu bubuk dilarukan 1 sdt air)

cara membuat roti
1. campur bahan kering kecuali margarine hingga tercampur rata
2.  tambahkan air dan telur aduk dengan kecepatan sedang
3. tambahkan margarine , aduk hingga kalis dengan kecepatan sedang. Diamkan adonan selama 15 menit hingga mengembang
4. kempiskan adonan, timbang adonan kurang lebih 50 gram, bulatkan dan istirahatkan 10 menit
5. pipihkan adonan setebal 2mm, beri isi 1sdm, rapikan
5. Susun adonan roti di Loyang, diamkan selama kurang lebih 90 – 120  menit
6. Beri olesan susu evaporasi, panggang  selama 15 menit sampai matang.

sesudah dipanggang rias dengan saos sambal seperti gambar disebelah kanan yang kiri belum dioles susu evaporasi dan belum dipanggang.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.